Jumat, 12 November 2021

Kenapa Hidroponik?

Melon Hidroponik 
 Hallo, pasti kalian pengin banget belajar hidroponik teru tama untuk petani millenial maupun seseorang yang baru terjun di pertanian. Kenapa demikian? solanya bertani hidroponik tidak perlu kotor-kotoran dan yang jelas kualitas dan kuantitas produk lebih baik dan terjamin.

Apasih hidroponik sebenernya?

Hidroponik yaitu menanam tanpa menggunakan tanah sebagai penyokong tanaman. Ingat ya tidak memakai tanah. 


Tapi kenapa dengan media cocopeat juga disebut hidroponik? Karena cocopeat itu media yang tidak mengikat unsur hara, berbeda dengan tanah yang mengikat unsur hara. Jadi cocopeat hanya sebagai penyangga tanaman. Sumber nutrisi alias makanan tetap berasal dari air yang diberikan ke akar tanaman.

Kenapa hidroponik dirasa lebih menguntungkan dan memiliki kualitas serta kuantitasyang lebih baik?

Nutrisi yang kita berikan jelas langsung tersedia untuk tanaman dan yang jelas langsus sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut. Kualitas dan kuantitas yang lebih baik karena ketersediaan makanan untuk tanaman selalu ada dan pastinya langsung terserap karena langsung dalam bentuk ion2, berbeda ketika kita memberikan pupuk di tanah. Ada proses 'pemasakan' agar tersedia untuk tanaman tersebut. 

Di kebun saya, saat ini sedang memproduksi sayur, strawberry, melon, tomat cherry dan cabai dengan sistem hidroponik tetes. Media yang digunakan adalah cocopeat. Jelas kualitas dan kuantitas produk terjamin karena pangsa pasar yang kita targetkan adalah pasar pemium. 

Next tulisan, saya akan membahas tentang produksi melon di kebun. See you. Salam Pertanian

Kamis, 08 Desember 2016

JOB

Hai Guys, seperti apa yang udah aku ceritakan tadi, aku akan membahas dunia pasca kampus.

Awalnya sih mencoba biasa saja untuk menghadapinya, tapi tetep aja ada kebimbangan disana-sini. Mulai dari si 'kakak' yang ngajakin lanjut kuliah bareng (doi S3 dan aku S2 di kampus yang sama) atau yaudah kerja.*jangan bahas si 'kakak' itu, karena bagiku dia hanyalah masa lalu, kayak lagunya mbak Inul*
Akhirnya, aku putuskan untuk cari kerja saja deh kalo gitu, wong dianya malah ngajak nikah, eh S2 maksudnya, antara serius dan gak serius. Gak gampang emang buat cari kerja, lamar sana sini gak keterima. Udah keterima di sebuah perusahaan tapi malah belum lulus dan akhirnya mengundurkan diri. Yowslah emang belum rejekinya.

Hampir 2 bulan jadi pengangguran, sampai akhirnya keterima di sebuah perusahaan di wilayah Cirebon *perbatasan Cirebon dengan Brebes lebih tepatnya*. Alhamdulillah sesuatu ketika dapat sms buat lanjut kerja per 4 Mei 2015 , 5 hari setelah interview. Awalnya ragu karena kok gaji lmayan kecil ya dibanding teman-teman yang kerja di JABODETABEK, tapi dengan seijin Allah SWT, akhirnya diputuskan untuk diterima saja. Saran dari saya sih buat FRESH GRADUATE boleh milih2 pekerjaan, tp jangan jadi sombong yes karena masih nol pengalaman. Ini salah satu juga sih buat pengembangan diri kita sebagai fresh graduate. Gaji memang penting, tapi ya kembali lagi fresh graduate, susah buat mengukur sampai mana kemampuan kerja kita di sebuah perusahaan . Memang penting dan berguna banet ikut organisasi di kampus, tapi ya harus diinget, perusahaan beda sama organisasi di kampus*pendapat boleh beda ya*.

Lanjut mengenai pekerjaan. Yap, pekerjaan saya ini butuh kekuatan yang super, karena memang harus panas2an dan jalan2 (harus ke Jawa Tengah, melewati tapal batas Jabar-Jateng). Selain itu, aku harus melewati jalur pantura setiap hari, karena memang jalur utama dan yang paling deket menurutku. Gak seberapa sih lahannya, cuma 30 Ha (untuk penanaman pertama yang aku ikuti). Oh iya, perusahaan ini jual beli Bawang merah yaaaa... Kalau buat tanaman sawit mah gak seberapa, tapi kalau buat bawang merah mah sangat luas. Inti dari pekerjaan aku mulai dari pembuatan rencana kerja sampai nanti ke pmasaran produk. Ya itu, dengan pengalaman yang gak ada sama sekali, aku dan temenku harus berusaha keras untuk bisa menakhlukannya, walaupun sampai berdarah-darah.

Nah sekian tentang pekerjaan yang harus aku hadapi saat itu, setelah ini akan ada kelanjutan mengenai Rencana kegiatan budidaya Bawang merah ya....Suwun


Come Back

Hey Guys, akhirnya aku kembali lagi setelah sekian lama (lama sekali tidak nulis). Blog 'gaje' dulu yang pernah aku punya sekarang udah gak kepake lagi ya, udah beda arah dan tujuan isinya sih alasannya.

Oke, perbedaan tulisan aku dulu dan sekarang arahnya udah agak beda. Maklum umur udah semakin tua dan sudah bukan mahasiswi galau lagi. *padahal mah sarua bae kalau urusan galau*. Intinya blog aku sekarang lebih ke dunia pasca kampus yang penuh drama bak fdrama-drama korea, penuh dengan kesabaran dan jurus2 buat melaluinya.

Tunggu tulisan aku ya....hihihihi. suwun